Efek Negatif Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak

Hei bunda, hati-hati yah ternyata ada Efek Negatif Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak lho. Jangan biarkan anak terus menghisap jempolnya kalo ga mau terkena efek negatif dibawah ini

Bukan ada lagi, tapi banyak sekali dan bahkan sudah menjadi kebiasaan pada anak kecil atau yang masih bayi sering menghisap jempol tangannya sendiri. Biasanya menghisap jempol ini dikarenakan beberapa hal seperti lapar, bosan, gelisah, dan kecapekan. Sebagian besar anak biasanya berhenti menghisap jempol saat mencapai usia 3 sampai 6 tahun. Tapi, jika sampai usia tersebut anak masih sering menghisap jempol, harus hati-hati akan efek yang mungkin terjadi.

Efek Negatif Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak

Sebenarnya, wajar-wajar saja anak menghisap jempol, tapi seperti yang dilansir dari Palo Alto Medical Foundation for Health Care, Research and Education menyebutkan bahwa kebiasaan menghisap jempol itu bisa menjadi kegiatan yang menenangkan anak. Tapi, jika kebiasaan ini sangat susah untuk dihilangkan maka akan berdampak dan memberi efek negatif pada anak.

Ini dia Efek Negatif Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak jika sulit di hilangkan :

Munculnya Masalah Pada Gigi

Bentuk dan posisi gigi anak bisa tak beraturan jika kebiasaan menghisap jempolnya tak bisa dihilangkan. Belum lagi dengan efek jangka panjang yang dapat mempengaruhi bentuk mulut menjadi miring atau tidak normal

Kesulitan Untuk Bicara

Jika kebiasaan menghisap jempol sulit untuk dihilangkan saat gigi permanen tubuh, ini dapat memberi efek sulit bicara pada anak dan pengucapan huruf abjad pun bisa menjadi terganggu.

Baca Juga : Manfaat Harga QnC Jelly Gamat Terbaru Yang Sangat Baik pada Keuangan Anda

Kuman Gampang Masuk Kedalam Tubuh

Kuman sangat gampang sekali masuk kedalam tubuh dari kebiasaan menghisap jempol. Apalagi kalau anak sudah semakin aktif bermain dan melakukan banyak aktivitas, penyebaran kuman dan bakteri dapat cepat berkembang biak dan meninggikan risiko terserang penyakit.

Jempol Bisa Terkena Infeksi

Anak selain menghisap jempol biasanya sembari menggigit jempol secara keras yang dapa mengakibatkan memar dan jika terus dihisap bisa menimbulkan infeksi. Jempol yang infeksi dapat menjadi masalah serius jika dibiarkan dalam jangka yang panjang.

Untuk itu, disini saya menghimbau kepada sang bunda agar memperhatikan anak anda dan jika anak sudah kebiasaan menghisap jempol sebaiknya bisa dicegah atau dihentikan oleh bunda dengan mengganti jempol dengan dot yang lebih aman.

Efek Negatif Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *